Laman

PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS 2

3 Contoh Percakapan Bahasa Inggris di Restoran

Anda biasa pergi ke rumah makan atau restoran? Jika ya, Anda mungkin sudah pernah bercakap-cakap dengan pelayan restoran tentang memesan makanan, komplain pesanan, atau membayar tagihan makan Anda.
Nah, bagaimana kalau semua itu dilakukan dalam bahasa Inggris? Jika Anda tidak tahu, jangan khawatir.
Berikut contoh percakapan bahasa Inggris di restoran tentang ketiga hal tersebut.

1. Memesan makanan

Dialog di bawah ini menunjukkan seorang pria yang ingin memesan makanan tradisional di sebuah restoran.
Pelayan restoran:“Good evening Sir, have a seat, please!” [“Selamat malam Pak, silakan duduk.”]
Martin:“Thank you. I want to have dinner.” [“Terima kasih. Saya ingin makan malam.”]
Pelayan restoran:“Yes please. Here is our menu. Would you please choose your menu?” [“Baik. Ini menu kami. Apakah Anda ingin memilih menu Anda?”]
Martin:“I want to taste all of traditional foods here while I’m on holiday. Can you tell me about this dish?” [Saya ingin mencoba makanan tradisional di sini saat saya sedang liburan. Bisakah Anda memberi tahu saya tentang makanan tersebut?”]
Pelayan restoran:“It’s called Gado-gado. It’s Indonesian vegetabled salad served with peanut sauce.” [“Ini disebut Gado-gado. Salad sayuran ala Indonesia yang dicampur dengan bumbu kacang.”]
Martin:“What are in there?” [“Apa saja yang ada di makanan tersebut?”]
Pelayan restoran:“They are potatoes, bean sprouts, lettuce, cucumber, some tofu, egg and rice cake.” [Kentang, tauge, selada, mentimun, tahu, telur, dan lontong.”]
Martin:“Hmmm… I never taste it before. What about the sauce?” [“Hmmm…Saya belum pernah mencicipi sebelumnya. Bagaimana dengan bumbunya?”]
Pelayan restoran:“The sauce uses peanut, palm sugar, chili and some other ingredients with water.” [“Bumbunya menggunakan kacang tanah, gula, cabai, dan bahan lainnya yang dicampur dengan air.”]
Martin:“Sounds good. I want it! And,…a glass of iced tea, please.” [“Terdengar enak. Saya mau Gado-gado dan segelas teh dingin”]
Pelayan restoran:“Surely Sir, please wait for a moment.” [Baik Pak, mohon tunggu sebentar.”]

2. Komplain tentang makanan yang dipesan

Pada contoh percakapan di bawah ini, seorang pengunjung restoran komplain tentang ikan yang dipesannya. Pelayan restoran menanggapinya dengan baik, dan mengganti ikan tersebut.
Budi:“Excuse me, waiter!” [“Permisi, Pelayan”]
Pelayan restoran:“Yes Sir, how may I help you?” [Baik Pak, apa yang bisa saya bantu?”]
Budi:“I think there is something about my order. My fish has a good seasoning, but it’s a little dry. I don’t really enjoy it. Can you give me another one?” [“Saya pikir ada sesuatu dengan pesanan saya. Ikan saya memiliki bumbu yang baik, namun sedikit kering. Saya sungguh tidak menikmatinya. Bisakah Anda memberi saya ikan yang lain?”]
Pelayan restoran:“Oh I’m so sorry about that. I think I should let the cook know about this meal. Would you please just wait for a moment?” [“Oh…saya mohon maaf. Saya pikir saya harus memberi tahu koki tentang makanan ini. Apakah Anda bisa menunggu sebentar?”]
Budi:“Okay” [“Baik.”]
Beberapa menit kemudian
Pelayan restoran:“Excuse me Sir, Here is your fish. How about this one?” [“Permisi, Pak. Ini ikan Anda. Bagaimana dengan ikan tersebut?”]
Budi:“Well, this is just exactly what I want.” [“Nah, ini ikan yang persis saya inginkan.”]
Pelayan restoran:“Surely. Would you have more drinks, Sir?” [“Tentu. Apakah Anda ingin tambah minuman, Pak?”]
Budi:“No thanks, that’s enough. By the way, do I have to pay the first fish?” [Tidak, terima kasih. Masih cukup. Ngomong-ngomong, apakah saya harus bayar ikan yang pertama?”]
Pelayan restoran:“I don’t think so Sir, I do apologize. That was our mistake.” [Saya pikir tidak, Pak, saya benar-benar meminta maaf. Itu kesalahan kami.”]
Budi:“That’s fair. Thank you.” [“Itu adil. Terima kasih.”]
Pelayan restoran:“You’re welcome” [“Sama-sama”]

3. Membayar tagihan

Contoh percakapan di bawah ini bercerita tentang seorang pengunjung restoran yang ingin membayar tagihannya.
Yadi:“Excuse me, waiter!” [“Permisi, Pelayan”]
Pelayan restoran:“Yes, Sir” [“Ya, Pak.”]
Yadi:“Can I have my bill?” [“Bisakah saya mendapatkan tagihan saya?”]
Pelayan restoran:“Yes, Sir. I will go and get it for you.” [Ya, Pak. Saya akan mengambilnya dan memberikannya kepada Anda.”]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar